Terdapat empat prinsip geografi yang kita kenal yaitu:
1. Prinsip Penyebaran/ spreading Principle
prinsip penyebaran dapat digunakan untuk menggambarkan gejala dan fakta geografi dalam peta serta mengungkapkan hubungan antara gejala geografi yang satu dengan yang lain. hal tersebut disebabkan penyebaran gejala dan fakta geografi tidak merata antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lain.

Contoh :  Banyaknya timah di Pulau Bangka, Pohon kelapa

2. prinsip interrelasi/ interrelationship principle
prinsip interrelasi digunakan untuk menganalisis hubungan antara gejala fisik dan non fisik. prinsip tersebut dapat mengungkapkan gejala atau fakta Geografi di suatu wilayah tertentu.

Contoh :  Banjir terjadi karena curah hujan tinggi, longsor Terjadi karena tidak ada pohon yang menahannya.

3. prinsip deskripsi/ Descriptive Principle
prinsip deskripsi dalam geografi digunakan untuk memberikan gambaran lebih jauh tentang gejala dan masalah geografi yang dianalisis. prinsip ini tidak hanya menampilkan deskripsi dalam bentuk peta, tetapi juga dalam bentuk diagram, grafik maupun tabel.

Contoh :  Diagram, Grafik, Tabel,Gambar maupun Peta.


 

4. prinsip korologi/ Chorological principle
ini disebut juga prinsip keruangan. dengan prinsip ini dapat dianalisis gejala, fakta, dan masalah geografi ditinjau dari penyebaran, interrelasi, dan interaksinya dalam ruang.

Contoh : Padi hidup di Dataran Rendah, Teh hidup di dataran
Tinggi, Pohon kelapa hidup di pesisir pantai.

sumber : http://geoinclass-x.forumotion.net/materi-untuk-semua-kelas-f8/prinsip-prinsip-geografi-t31.htm dan http://www.sman67-jkt.sch.id/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=38&func=view&id=71&catid=33&lang=eng

About these ads