Sinigami bernama Ryuk turun ke bumi dengan membawa sebuah buku yang kemudian dinamai Death Note. Buku ini kemudian jatuh ke tangan seorang anak laki-laki bernama Ligh Yagami. Dengan buku ini ia dapat mencabut nyawa siapapun yang diingininya dengan cara menuliskan namanya di buku itu. Mula-mula ia merasa ketakutan. Tapi apa yang dipikirkannya kemudian akan menjadi sebuah perubahan besar di dunia.

Ia kemudian memutuskan menjadi Kira ( killer ). Ia mulai membunuh para penjahat yang berada di penjara sebagai penghakiman atas perbuatan mereka. Apalagi tidak susah baginya yang memiliki Ayah sebagai polisi untuk mendapat data-data tentang para penjahat. Tindakannya ini tentu menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.
Kemudian muncullah seorang detektif remaja bernama L yang berniat menghentikan kekacauan yang ditimbulkan Kira. Tapi karena kejeniusan Light akhirnya L pun tidak dapat menyembunyikan diri lagi untuk melakukan penyelidikan. Ia akhirnya muncul di Universitas Touou tempat Light mengikutu ujian masuk kuliah. Di sana L memakai nama samaran Hideki Ryuga.  akhirnya iapun memperkenalkan diri sebagai L. Setelah 6 tahun kasus berkembang, L yang meninggal akibat penyelidikan digantikan oleh Near dan Mello. Mello pada akhirnya meninggal, namun Near berhasil menangkap Light Yagami yang tak lain adalah Kira. Karena terdesak Light meminta bantuan Ryuk. Namun Ryuk tak berpihak padanya dan menulis namanya dalam Death Note. Light pun meninggal.

Sumber:http://id.shvoong.com/books/1920637-death-note/